WELCOME TO WEB FGPBP

Mungkin anda berfikir, akulah manusia yang paling tidak beruntung dan bodoh, karena kecintaan ku terhadap negeri ku lebih besar dari yang kau dapat dari ku...tapi satu hal yang kau tahu, bahwa aku berjalan bersama suatu kebenaran yang dunia telah menolaknya...sebab yang ku tahu...kebenar itu akan memerdekakan aku.

8 Jul 2010

Tuntut Referendum, Ribuan Warga Papua Turun ke Jalan

AYAPURA – Ribuan warga Papua kembali menggelar aksi unjuk rasa menuntut referendum atau pemisahan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  
 
Massa yang mengatasnamakan Forum Demokrasi Rakyat Papua Bersatu atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fordem ini juga menggelar aksi serupa di beberapa wilayah Papua di antaranya Wamena, Manokwari, Sorong, serta Bali dan Jawa. "Kami ingin mengatakan bahwa otsus di Papua gagal," kata salah satu aktivis Markus Haluk, Kamis (8/7/2010).
 
Dalam aksinya, massa juga membawa lebih dari lima berdera PBB, bendera SOS, atribut Bintang Kejora seperti ikat kepala dan cat-cat di sekujur tubuh. Tak luput pula sejumlah spanduk tentang pengembalian Otsus dan pernyataan referendum. SUMBER
 
Mereka juga melakukan aksi longmarch sepanjang 20 kilometer, dari kawasan Abepura menuju halaman kantor DPRD Papua. Sempat terjadi pengibaran bendera Bintang Kejora dalam aksi massa yang melakukan longmarch, namun pengibaran hanya berlangsung 1 menit.
 
Meski tidak ada kawalan aparat dalam aksi longmarch Fordem ini, aksi tersebut berlangsung damai, hanya saja aktifitas di kota Jayapura 75 persen lumpuh. Sebelumnya, aksi yang sama juga dilakukan massa Fordem ini pada pertengahan Juni lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar