WELCOME TO WEB FGPBP

Mungkin anda berfikir, akulah manusia yang paling tidak beruntung dan bodoh, karena kecintaan ku terhadap negeri ku lebih besar dari yang kau dapat dari ku...tapi satu hal yang kau tahu, bahwa aku berjalan bersama suatu kebenaran yang dunia telah menolaknya...sebab yang ku tahu...kebenar itu akan memerdekakan aku.

17 Jan 2009

DAFTAR PERDANA MENTERI ISRAEL

Perdana Menteri Israel (1948-Sekarang)

Tidak kurang ada 12 orang yang pernah menjabat Perdana Menteri Israel hingga kini. those people have served on two non-consecutive occasions.


1 Pada 1965 Mapai bergabung dengan partai-partai lain untuk membentuk Himpunan Buruh yang sekarang bernama Buruh).

2 Perdana Menteri Eshkol meninggal di kala menjabat. Yigal Allon kemudian menggantikan posisinya sebagai perdana menteri sementara hingga ia digantikan oleh Meir.

3 Rabin digantikan setelah terlibat skandal. Peres menjabat Perdana Menteri hingga pemilu 1977.

4 Setelah Pemilu 1984, Partai Likud dan Partai Labour membentuk koalisi dan berjanji untuk mengadakan rotasi jabatan perdana menteri pada pertengahan masa jabatan. Shimon Peres dari Partai Buruh menjabat perdana menteri selama dua tahun pertama, sedang Yitzhak Shamir menjabat perdana menteri setelah rotasi. Setelah Pemilu 1988, Partai Likud memperoleh cukup kursi untuk membentuk pemerintahan tanpa harus berkoalisi dengan Partai Buruh. Yitzhak Shamir kembali menjabat sebagai perdana menteri.

5 Rabin terbunuh saat masih menjabat. Shimon Peres tampil sebagai pejabat Perdana Menteri hingga 22 November 1995.

Catatan
Kata dalam bahasa Ibrani ראש הממשלה Rosh HaMemshala dapat juga mengacu kepada perdana menteri negara lain selain Israel, contoh: perdana Menteri Britania Raya dapat disebut dalam bahasa Ibrani ראש ממשלת בריטניה Rosh Memshelet Britanya atau ראש הממשלה של בריטניה Rosh HaMemshala Shel Britanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar