WELCOME TO WEB FGPBP

Mungkin anda berfikir, akulah manusia yang paling tidak beruntung dan bodoh, karena kecintaan ku terhadap negeri ku lebih besar dari yang kau dapat dari ku...tapi satu hal yang kau tahu, bahwa aku berjalan bersama suatu kebenaran yang dunia telah menolaknya...sebab yang ku tahu...kebenar itu akan memerdekakan aku.

11 Jul 2010

SUP Temui Komnas HAM Terkait Operasi Militer di Puncak Jaya

Oleh : Oktovianus Pogau | 12-Jul-2010, 01:47:46 WIB 

KabarIndonesia - Beberapa perwakilan dari Solidaritas Untuk Papua (SUP) yang selama ini mempermasalahkan operasi Militer yang terjadi di Distrik Tiginanmbut, Kabupaten Puncak Jaya Papua, sejak tanggal 28 Juni lalu, kemarin (09/7) mendatangi kantor Komnas HAM Pusat di Jakarta untuk menyampaikan laporan mereka.

Perwakilan SUP di terima oleh M. Ridha Saleh, Komisioner Subkomisioner Mediasi pada komnas HAM di Jakarta.

Dalam laporannya, SUP mengatakan bahwa telah terjadi pelanggaran  HAM berat di Distrik Tiginanmbut oleh aparat Militer, oleh sebab Komnas HAM diminta mengambil tindakan terkati laporan ini.

"Sejak berlakuknya operasi militer tanggal 28 Juni lalu situasi Puncak Jaya sampai saat ini masih memanas, kami meminta perhatian Komnas HAM di Jakarta," pungkas mereka.

Mereka juga mengatakan, bahwa status daerah operasi militer (DOM) harus dicabut dari Puncak Jaya karena ini sudah tentu mengorbankan banyak rakyat Papua, khususnya warga tak berdosa yang ada di  Puncak Jaya.

"Kami ingin komnas HAM mengirim team ke Puncak Jaya untuk menyelidiki secara jelas peristiwa operasi militer ini dan mendesak beberapa pihak yang berwenang untuk menghentikan operasi militer di Puncak Jaya," kata mereka.

Sementara itu, dari Komnas HAM mengatakan mereka telah mengirim team untuk melakukan penilitian terkait kasus ini.

"Kami telah mengirim team Distrik Tiginanmbut, Kabupaten Puncak Jaya. Jika mendapatkan laporan dari mereka, kami akan merekomendasikan kepada pihak-pihak terkait atas hasil penemuan itu," pungkasnya. (*)




Blog: http://pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: 
http://kabarindonesia.com/ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar