WELCOME TO WEB FGPBP

Mungkin anda berfikir, akulah manusia yang paling tidak beruntung dan bodoh, karena kecintaan ku terhadap negeri ku lebih besar dari yang kau dapat dari ku...tapi satu hal yang kau tahu, bahwa aku berjalan bersama suatu kebenaran yang dunia telah menolaknya...sebab yang ku tahu...kebenar itu akan memerdekakan aku.

17 Jul 2010

Hanya Papua dan Kalimantan Layak Dimekarkan


Mengapa hanya dua daerah di dua pulau itu yang layak dimekarkan? Ini jawaban Ryaas Rasyid

VIVAnews - Pakar otonomi daerah Ryaas Rasyid menilai, selain di Pulau Papua dan Kalimantan, daerah-daerah lain di Indonesia tak perlu dimekarkan lagi. 

“Sebab kedua daerah itu berbatasan langsung dengan negara tetangga,” kata Ryaas yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu usai menghadiri ujian terbuka doktoral Tanri Abeng di Universitas Gadjah Mada, Sabtu, 17 Juli 2010

Pemekaran daerah, kata Ryaas, bertujuan utama agar ada ruang partisipasi bagi politik daerah serta masuknya uang dari pusat ke daerah. Namun, untuk melakukan pemekaran pada suatu daerah harus ada penjelasan terlebih dahulu kepada masyarakat yang menginginkan pemekaran tentang masalah yang harus dihadapi setelah pemekaran. Sebab, pemekaran daerah tidaklah mudah dan murah.

“Pemekaran wilayah seharusnya menjadi solusi atas suatu permasalahan yang dihadapi suatu daerah, bukannya menambah masalah atau menciptakan masalah baru,” kata Presiden Partai Demokrasi Kebangsaan itu.

Beberapa hari yang lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan wilayah pemekaran baru sekitar 80 persen gagal. Pemekaran daerah yang dilakukan sejak 10 tahun terakhir ini mencapai 205 daerah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar