WELCOME TO WEB FGPBP

Mungkin anda berfikir, akulah manusia yang paling tidak beruntung dan bodoh, karena kecintaan ku terhadap negeri ku lebih besar dari yang kau dapat dari ku...tapi satu hal yang kau tahu, bahwa aku berjalan bersama suatu kebenaran yang dunia telah menolaknya...sebab yang ku tahu...kebenar itu akan memerdekakan aku.

11 Mei 2010

David Cameron menjadi PM Inggris

Pemimpin Partai Konservatif David Cameron menjadi perdana menteri Inggris paling muda dalam hampir 200 tahun, setelah Gordon Brown mengundurkan diri dan mengakhiri pemerintahan Partai Buruh selama 13 tahun.
David Cameron sebelumnya mengunjungi Istana Buckhingham dan diminta oleh Ratu Inggris, Elizabeth II, untuk membentuk pemerintahan, kurang dari satu jam setelah Brown mengajukan pengunduran diri kepada kerajaan.
Cameron meninggalkan istana setelah pengangkatannya sebagai perdana menteri dan bergerak menuju kediaman resmi perdana menteri Downing Street 10.
Setibanya di Downing Street, Cameron mengatakan ia akan membentuk pemerintahan koalisi bersama Partai Liberal Demokrat pimpinan Nick Clegg.
Dalam awal pidatonya, Cameron menyampaikan hormatnya kepada pendahulunya, Perdana Menteri Gordon Brown yang menurut dia sudah bekerja keras.
Cameron juga menekankan kembali bahwa masalah yang dihadapi Inggris saat ini cukup besar.
"Negara kita memiliki parlemen gantung, dimana tak satu partai pun memiliki mayoritas dan kita menghadapi masalah yang mendalam, defisit yang luar biasa besar, masalah sosial yang dalam dan sebuah sistem politik yang perlu diperbaharaui.
"Untuk alasan-alasan itulah saya bertujuan membentuk koalisi penuh antara Konservatif dan Liberal Demokrat. Saya yakin ini adalah cara yang tepat untuk memberikan negara ini pemerintahan yang kuat, stabil, baik dan layak yang saya pikir memang sangat kita perlukan saat ini."
Dalam pemilu 6 Mei lalu tidak ada satu pun partai yang meraih kursi mayoritas namun Partai Konservatif meraih kursi terbanyak dengan 306 kursi, sementara Partai Buruh di tempat kedua dengan 258 kursi dan Partai Liberal Demokrat 57 kursi.
Ketua Partai Konservatif David Cameron yang merupakan peraih suara terbanyak dalam pemilu meski tidak meraih mayoritas utama, langsung mengatakan setelah pemilu berakhir ingin mengajukan "tawaran besar dan menyeluruh" kepada Liberal Demokrat.
Editor politik BBC Nick Robinson mengatakan tawaran itu bisa berarti mengajak anggota Liberal Demokrat ke dalam kabinet.
"Saya ingin membuat tawaran besar, terbuka dan menyeluruh pada partai Liberal Demokrat. Saya ingin kedua partai bekerja sama mengatasi masalah-masalah besar dan mendesak, krisis hutang, masalah sosial dan sistem politik yang rusak," ujarnya.
Partai Konservatif sepakat dengan Liberal Demokrat dalam masalah seperti "jumlah murid" di sekolah, ekonomi karbon rendah, reformasi pajak dan sama-sama menentang skema kartu identitas usulan partai Buruh.

Obama beri selamat

Presiden Amerika Barack Obama menelpon David Cameron untuk memberikan selamat tidak lama setelah ia resmi menjabat.
Obama mengatakan Amerika Serikat tidak memiliki sekutu yang lebih dekat selain Inggris dan Washington tetap akan menekankan hubungan yang khusus antara kedua negara, tanpa pandang dari partai mana yang memerintah.
Obama juga mengatakan ia menanti pertemuan dengan perdana menteri baru Inggris ini dalam pertemuan G8/G20.
Ia juga mengundang Cameron dan istrinya Samantha untuk mengunjungi Washington.
Obama juga berterimakasih kepada Gordon Brown atas persahabatan dan jasanya selama menjadi perdana menteri dari Partai Buruh.
"Pemilihan bersejarah ini diikuti secara seksama oleh rakyat Amerika dan saya tidak ragu lagi bahwa hubungan antara dua negara kita akan terus berlanjut," tambahnya.
 sumber: David Cameron menjadi PM Inggris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar