WELCOME TO WEB FGPBP

Mungkin anda berfikir, akulah manusia yang paling tidak beruntung dan bodoh, karena kecintaan ku terhadap negeri ku lebih besar dari yang kau dapat dari ku...tapi satu hal yang kau tahu, bahwa aku berjalan bersama suatu kebenaran yang dunia telah menolaknya...sebab yang ku tahu...kebenar itu akan memerdekakan aku.

20 Okt 2010

Kelompok hak asasi manusia: Video menunjukkan penyiksaan di Indonesia

Dengan Sidner Sara, CNN
20 Oktober 2010 - Updated 2043 GMT (0443 HKT)
An paramilitary soldier aims at rebel positions in a 2009 photo. Papuan insurgents want to secede from Indonesia.
An paramilitary soldier aims at rebel positions in a 2009 photo. Papuan insurgents want to secede from Indonesia.
CERITA UTAMA
  • Video menunjukkan mengerikan penyiksaan terhadap laki-laki di provinsi Papua di Indonesia
  • Kelompok-kelompok HAM mengatakan bukti menunjuk militer Indonesia
  • Pihak militer mengatakan mereka meluncurkan sebuah "penyelidikan intensif"
  • gerakan separatis di Papua telah aktif sejak 1965
Jakarta, Indonesia (CNN) - Seorang pria kurus dengan rambut yang mulai memutih terletak di punggungnya, benar-benar telanjang di jalan berdebu. kaki-Nya dan lengan terikat dan tubuhnya tiba-tiba contorts kesakitan. Seorang pria berdiri di atasnya dan mendorong sepotong kayu membara terhadap kemaluannya. SUMBER
Ia menangis kesakitan, tetapi tidak berhenti penyiksanya.
"Di mana Anda meletakkan senjata Tunjukilah kami di mana senjata!?"permintaan laki-laki, salah satunya adalah mengenakan seragam militer.
Beberapa meter jauhnya, seorang pria muda yang berbaring di posisi yang serupa tapi berpakaian. Kelompok yang sama interogator pindah ke dia, pegang pisau di bawah hidung dan kemudian berulang kali menampar wajahnya. Mereka juga menanyakan pertanyaan tentang senjata dan keberadaan pemberontak.
Adegan direkam pada ponsel di Indonesia, memicu shock dan kecaman dari kelompok hak asasi manusia di seluruh dunia yang percaya video mungkin bukti angkatan bersenjata Indonesia menyiksa orang-orang yang mencari kemerdekaan dari Indonesia.
Video ini adalah "pengingat terbaru bahwa penyiksaan dan perlakuan buruk lainnya di Indonesia sering pergi dicentang dan dihukum," kata Donna Guest, wakil direktur Asia-Pasifik untuk Amnesty International.
CNN memperoleh salinan video dari sebuah organisasi non pemerintah internasional, namun jaringan belum diverifikasi keasliannya.
Jurubicara militer Indonesia Aslizar Tanjung mengatakan kepada CNN bahwa ada "penyelidikan intensif" diluncurkan tentang video.
"Kita perlu untuk memverifikasi keaslian tempat, waktu dan aktivitas yang ditampilkan dalam video," katanya. "Para prajurit dilatih dan dididik sesuai dengan standar prosedur. Mereka harus menyadari tugas mereka, tanggung jawab, [dan] dilengkapi dengan pengetahuan tentang hak asasi manusia, dari apa yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan di lapangan.
"Mudah-mudahan, investigasi tidak akan mengambil waktu terlalu banyak sehingga kami dapat segera menjelaskan kepada rakyat apa yang sebenarnya terjadi Sejauh ini hanya sebuah dugaan bahwa ada kelompok tertentu yang melakukan penyiksaan. Kita perlu membuktikannya secara hukum.."
Video diyakini dari provinsi Papua Indonesia, hampir 3.500 kilometer [2.175 mil] timur ibukota, Jakarta. Papua telah lama memiliki pemberontakan tingkat rendah yang menuntut kemerdekaan dari Indonesia, mengatakan pemerintah berusaha untuk mengambil tanah untuk mencuri sumber daya.
Papua adalah rumah bagi tambang emas terbesar di dunia, yang dioperasikan oleh Freeport-McMoRan Copper yang berbasis di AS & Gold, tetapi anggota gerakan kebebasan penduduk setempat mengatakan belum menerima manfaat ekonomi yang wajar dari salah satu operasi pertambangan di tanah air mereka.
Free asli Papua Merdeka didirikan pada tahun 1965 untuk mendorong pemisahan diri. Kelompok itu membantah istilah dimana Papua menjadi bagian dari Indonesia tahun itu.
Kelompok-kelompok HAM mengatakan bahwa sementara mereka belum menentukan keaslian video, mereka memiliki petunjuk bahwa penyiksa adalah anggota angkatan bersenjata Indonesia.
Mereka [tentara] harus menyadari tugas mereka, tanggung jawab, [dan] dilengkapi dengan pengetahuan tentang hak asasi manusia, dari apa yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan di lapangan.
- Aslizar Tanjung, juru bicara militer Indonesia
Misalnya, senjata yang digunakan dalam video tampaknya menjadi isu militer standar dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para interogator yang konsisten dengan pasukan keamanan Indonesia, kata Phil Robertson, wakil direktur divisi Asia Human Rights Watch.
"Ada banyak bukti yang akan membawa kita untuk percaya bahwa ini mungkin aparat keamanan tetapi kami tidak dapat mengotentikasi itu," kata Robertson CNN, menambahkan bahwa itu salah satu dari banyak alasan penyelidikan lengkap diperlukan.
Namun, grup ini khawatir bahwa pemerintah akan membiarkan kasus ini berlama-lama tanpa resolusi.
"Perhatian utama adalah bahwa ini akan menutupi lain, bahwa ini akan menjadi penyelidikan internal militer yang mirip dengan banyak orang lain yang kita lihat," kata Robertson.
video lain muncul tahun ini menunjukkan adegan lain mengerikan yang juga diyakini telah terjadi di Papua. Ini menunjukkan seorang pria perutnya, yang telah diidentifikasi sebagai aktivis Papua Yawan politik Wayeni, di hutan.
Pria di seragam polisi terlihat duduk dan berdiri di dekat Wayeni saat ia menderita. Orang-orang berseragam mengejek Dia, katanya, "Anda tidak pernah akan mendapatkan kebebasan selama tentara di sini."
Wayeni nyaris tidak terdengar, tetapi mengatakan "kebebasan." Dia akhirnya meninggal dari luka-lukanya.
Polisi membantah tuduhan bahwa mereka perutnya dia, mengatakan dia terluka dalam baku tembak. Tidak ada disiplin petugas dalam peristiwa itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar